Minggu, 02 Mei 2010

waiting for the guide to come take me by the hand

Aku gak tau sih cara yang bener seorang anak manusia tumbuh dewasa secara fisik maupun karakter,tidak mengerti apa yang saya maksud?

Gini,kita sebagai seorang anak manusia kan lahir sebagai seorang bayi.makhluk kecil yang tidak mengerti apa apa nah disitulah ada orang tua yang menjaga kita,memlihara kita secara fisik agar menjadi seorang yang sehat dan kuat (kalau cewek cantik kali ya?) dan mereka juga mendidik kita scara psikis untuk menjadi seorang yang berakal sehat,berkepribadian yang baik,intinya menjadi seseorang yang berkarakter positif.

Nah apa jadinya kalau senior kita yang duluan hadir di dunia ini para orang tua,terutama yang menyebabkan kita lahir (entah secara sengaja atau tidak sengaja),tidak memelihara anak bayi kecil tidak bersalah dan tidak tahu apa apa,secara fisik sudah hampir pasti tidak akan tumbuh secara sehat dengan gizi yang memadai,sehingga mungkin pada akhirnya ada yang tidak cukup kuat dan meninggal (ini golongan yang paling beruntung),ada yang kekurangan gizi sehingga terdapat kelainan kelainan berkaitan dengan fisiknya seperti busung lapar,keterbelakangan dan lain lain (gak tau banyak masalah kelainan kesehatan,bukan dokter sih).

Nah kita tau yang tidak di pelihara sudah hampir pasti tak terdidik,tapi terdapat kasus yang banyak terjadi tetapi hampir tidak disadari,yaitu mereka yang terpelihara dengan baik,4 sehat 5 sempurna de (wah!istilah kapan tuh?!),tetapi tumbuh tidak terdidik dengan baik.nah sebagia besar senior para orang tua mengira dengan menempatkan anak mereka di sekolah,bahkan ada yang dengan pemikiran semakin mahal semakin baik,semakin “international” semakin menjadi jaminan anaknya bakal menjadi seseorang yang berhasil.hey! coba kita pikirin bareng bareng seberapa banyak pendidikan yang kita anyam di bangku sekolah berguna untuk di terapkan pada kehidupan ini,kamu mungkin jago banget logaritma tetapi tidak tahu bagaimana caranya untuk lebih dekat sama anak kamu,kamu mungkin ahlinya fisika atom tetapi kamu tidak tahu apa gunanya untuk mempertahankan hubungan kamu dengan pasangan yang berada di ujung tanduk,lagi lagi kamu mungkin menguasai literatur barat,latin,timu dan lain lain tapi masih saja tidak mengerti bagaimana menjalani hidup ini,itu tergantung pada apa yang kamu pelajari sih dan kualitas dari lembaga pendidikan,pada titik tertentu pendidikan formal melatih otak kita untuk terbiasa berpikir dan kritis tetapi pendidikan formal cenderung berguna untuk resume kamu saja untuk cari kerja ,saya masih sering menganggap konyol sertifikat dan gelar dapat mendefinisikan kualitas seseorang,geez tidakkah mereka belajar dari Bill gates dan steve jobs?ok sampai disini poin pendidikan formal tidak saya teruskan dan saya serahkan penilaian sepenuhnya pada anda,sebab saya adalah orang yang melihat satu satunya jalan keluar dari masalah dalam negeri yang kalian cintai ini adalah pendidikan,keluar dari kebodohan dan pembentukan mentalitas yang baik.(apa itu mentalitas yang baik?aku tidak tahu tanyakan pada pakarnya).

Judul tulisan ini “I’ve been waiting for the guide to come take me by the hand”,lirik pertama dari lagu Joy Division berjudul Disorder.mungkinkah ini yang kita rasakan,atau setidaknya ini yang aku rasakan seperti seorang anak yang sakit kekurangan gizi dan kelaparan akan makanan,maka saya kelaparan dan kekurangan gizi kelaparan akan guidance untuk menggandeng tangan ku,tiadanya seorang role model.setiap ada situasi,masalah dan pertanyaan hanya terdiam dan tidak tahu.aku tidak tahu bagaimana dengan kalian tapi aku merindukan sebuah genggaman tangan untuk membantuku melihat dunia ini.setidaknya aku tidak ketakutan karena kebingungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar