Minggu, 02 Mei 2010

bla..bla.."The Dark Knight" (2008)

summer blockbuster terbaik tahun ini adalah The Dark Knight,dan saya yakin banyak yang setuju dengan saya.dan tahun 2008 ditutup dengan The Dark Knight sebagai film dengan pendapatan tertinggi dari penjualan tiket bioskop (hey!apakah kalian tau The Dark Knight duduk di posisi ke 2 sebagai film dengan pendapatan terbesar setelah Titanic?)-back in 2008,maupun rekor penjualan keeping Blu-Ray. Batman tidak hanya menyelamatkan penduduk Gotham tetapi juga menyelamatkan Warner Brothers dari krisis finansial.

Pertanyaannya adalah mengapa film The Dark Knight begitu bagus?

Saya sendiri sudah menontonnya 3 kali 2 kali di bioskop dan sekali di DVD (segera setelah DVD original 2 disc special editionnya keluar),saya tidak ingat apakah ada film yang saya tonton berulang ulang dalam periode waktu yang cukup singkat.(kurang lebih setengah tahun)

Saya masih ingat 4 bintang bertengger di atas film The Dark Knight pada website Roger Ebert quote pada websitenya “redefine the possibilities of the “comic-book movie.””,jujur itu adalah komplimen yang luar biasa dari Roger Ebert.

Setelah begitu menyukai The Dark Knight saya pun teringat sebenarnya sejak kecil aku selalu menyukai film Batman dan telah menonton kesemua serinya dan saya kembali penasaran dengan film film Batman sebelumnya yang selalu di sutradarai oleh sutradara sutradara kompeten seperti Tim Burton yang visioner,Joel Scumacher yang (saya suka Phonebooth!) tahu bagaimana membuat film aksi layak tonton dan Christoper Nolan menambah deretan sutradara tersebut hanya saja ia membuat film terbaik diantara semuanya,Kenapa?

Menindak lanjuti rasa penasaran saya,saya berangkat memburu film film Batman sebelumnya yang tidak sulit untuk di dapatkan sama sekali dan mulai menontonnya,ada perbedaan besar antara Batman versi Nolan dan Batman versi sebelumnya.jika sebelumnya film Batman sangat komikal dan Tim Burton jelas di pilih pertama kali untuk alasan tersebut,menerjemahkan Batman ke layar sebagai ikon komik di dunia antah berantah,Gotham dengan konsep surreal dan gelap,tapi bagaimanapun juga kita melihat Batman sebagai karakter komik yang tidak real,dunianya di ciptakan sedemikian rupa agar Batman bisa eksis tanpa terlihat janggal dan konyol.itu diteruskan oleh Joel Schumacher dengan Batman yang lebih komikal dan fantastis daripada sebelumnya dan berwarna warni meninggalkan kesan gelap yang menjadi ciri khas Batman,alhasil dua film Batman karya Joel Schumacher hanya menjadi bahan gunjingan banyak fans,anyway Batman versi Nolan yang diulang kembali dari awal dengan asal usul yang lebih definitive adalah Batman yang real ia tinggal di tengah tengah kita,Gotham kota fiktif tapi cukup real,penonton dapat mengidentifikasikan dunia Batman kedunianya sendiri,sejak Batman Begins Nolan telah membangun fondasi cerita yang kuat,asal usulnya,kekuatannya,alasannya menjadi seorang “pembela kebenaran”,kenapa kelelawar(baca: Bat),kenapa akhirnya Batman muncul dalam kostum hitam beserta sayapnya di dunia nyata menjadi tidak begitu janggal dan bahkan keren,wow!Nolan berhasil menghadirnya Batman sebagai pahlawan yang real,kita menerimanya dan sekaligus mengaguminya.

Jika Begins banyak menceritakan asal usul yang panjang lebar saatnya beraksi di sekuelnya dan langsung berhadapan dengan musuh terbesarnya dan salah satu musuh terbaik yang terdapat di dunia Film dan Komik.dan inilah alasan kenapa The Dark Knight menjadi yang terbaik diantara semuanya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar