Selasa, 01 Desember 2009

what we talk about when we talk about: heartbreak.com



gw gak nyangka film pertama yang akan di "bicarakan" adalah heartbreak.com, sekitar dua minggu ini ada ide untuk membuat "pembicaraan" tentang film. tapi setelah nonton beberapa film ada Halloween (2007) dan Friday the 13th (2009)belum tergerak untuk menulis. sampai tadi malam nonton premiere heartbreak.com, publicistnya nitip nulis review di facebook kalau filmnya bagus hahaha... so here we go.

untuk baca rangkuman "pembicaraan" langsung saja ke paragraf terakhir.

tahun lalu 2008 gw sempat keranjingan nonton film Indonesia. dari gara gara bola, laskar pelangi, pintu terlarang dan lain lain, saya stop nonton film Indonesia setelah trauma nonton film Kambing Jantan, sutradara: Rudi Soejarwo. sampai tadi dapat premiere film heartbreak.com dan mumpung gratis, kenapa tidak?. masuk bioskop dengan ekspektasi yang sangat rendah, skeptis abis, dan was was takut kecewa. saya pun duduk di bangku bioskop dengan pikiran, klo jelek gw bisa cabut kapan aja, ternyata gw menonton filmnya sampai selesai. dan jujur gw menikmatinya.

ceritanya agus dan nyala berpacaran, dan mereka cuma bisa ketemu setahun sekali karena nayla (entah ngapain) di aussie, sejak hari terakhir kali agus dan nayla berpacaran, setahun kemudian akhirnya nayla balik lagi, agus pun dengan semangat datang ke rumah nayla untuk bertemu dengan wanita yang di cintainya. tapi ternyata nayla sudah mempunyai pacar lain. kevin. yang kelihatannya jauh lebih keren dan dewasa dari agus. agus pun patah hati sampai suatu hari ia melihat iklan di internet, heartbreak.com yang menjanjikan dapat menyembuhkan patah hati anda, dan mengembalikan kekasih anda yang telah pergi, didorong orang teman baiknya wawan, agus pun berangkat ke heartbreak.com. dan bertemu elza, sang konsultan heartbrea.com. menjanjikan rating keberhasilan 99% dalam ngurusin kisah cinta orang lain. tapi ada harga yang harus di bayar (beneran harga dalam bentuk uang), dan sangat mahal, dibantu oleh wawan dan menjual si blau (mobil jelek berwarna biru milik agus) akhirnya agus menggunakan jasa heartbreak.com untuk mengembalikan nayla kedalam pelukannya. pertualangan pun dimulai, skenario pun disusun, rencanapun dijalankan.

film sejenis ini pasti dapat ditebak endingnya oleh semua penonton berpengalaman tetapi bagaimana dikemasnya lah yang menjadikan film ini menarik. ada beberapa bagian terutama saat mobil si kevin di tabrak adalah adegan yang berhasil membuat gw ngakak dan ada sebuah adegan mendayu dayu di bagian akhir benar benar membuat gw tersentuh, sempat gw lihat ke sekeliling, adegan itu benar benar berhasil membuat penonton terpaku.

karakter dalam film ini tidak ada yang monumental (yang cukup kuat untuk di ingat atau di kenang), begitu pula dengan akting para pemainnya yang standard, tapi film sejenis ini memang tidak menuntut banyak kemampuan akting. hanya beberapa karakter yang saya berikan perhatian lebih yaitu karakter wawan (omesh,nama di imdb.com), orang buta (lukman sardi) dan penjaga airport (verdi solaiman).

yang patut di puji dalam film ini adalah scoring musiknya yang terasa pas dan tepat timingnya dengan adegan, dan tidak berusaha untuk mendramatisir setiap adegan yang ada.
begitu pula penyutradaraannya, ceritanya sendiri adalah kisah cinta yang cukup standard tapi keberadaan heartbreak.com menjadikannya menarik, dan penyutradaraan affandi abdul rachman dapat mengangkat hal yang menarik tersebut. keberadaan heartbreak.com memang menjadi plot yang penting dan bukan hanya sekedar tempelan untuk kisah cinta agus dan nayla. flowing cerita enak, dan terbangun klimaksnya sampai akhir.
film ini simple, berangkat dari orang orang biasa dengan problem yang sangat mungkin kita temui dalam kehidupan kita. tidak seperti kisah cinta segitiga antara vampir, manusia dan manusia serigala. itulah yang membuat gw bisa dengan cepat beridentifikasi dengan cerita ini.

film komedi romantis yang gw tonton adalah the proposal, dan gw dengan skeptisme saat akan menonton film heartbreak.com, ternyata dapat duduk diam menikmati film ini sampai akhir, bahkan lebih menikmatinya dari the proposal. jika lw suka komedi romantis, tontonlah heartbreak.com sebuah film komedi romantis made in Indonesia yang dikemas dengan baik.

2 komentar:

  1. wah, boleh dicoba untuk ditonton tuh bos ! hehe.

    BalasHapus
  2. Thank You banget buat review-nyaaa!!! Glad you enjoyed it!
    This is a good product - everybody just have to get a chance to see it!

    BalasHapus